Jumat, 05 Desember 2014

Mencoba perawatan wajah dengan Tretinoin

Sebenarnya saya sudah lama membaca artikel di blok-blok para senpai (?) mengenai perawatan jerawat dan antiaging dengan tretinoin atau asam retinoic. Oh ya, sekadar informasi, tretinoin ini adalah turunan vit. A, ditemukan oleh seorang profesor dan dia dapat nobel gara-gara penemuan tretinoin ini. Wah, berarti memang tretinoin ini udah diakui, scara...nobel gitu lho. And...katanya sih, muka profesor itu kulitnya kencang banget.
Awalnya takut banget sih, soalnya di awal-awal pemakaian pake purging segala yang parah banget, bahkan ada yang sampai hancur-hancuran.
Tapi karena mukaku udah kusam banget dengan bekas jerawat yang saya sendiri ngeri lihatnya T.T saya jadi nekat membeli tretinoin ini. Saya pilih vitacid 0.025% and itu yang paling rendah konsentrasinya. Kan untuk adaptasi dulu, ntar klo udah sebulan baru mau ditingkatin. Sebenarnya ada beberapa merek lagi tapi vitacid yang paling murce, cuma Rp.25.000 di apotik dekat rumahku.

Karena masih takut dengan efek purging dan katanya ada juga yang akan ngerasain rasa terbakar dan perih. Tapi saya sudah siap, saking siapnya saya juga membeli salep antiinflamasi steroid cinolon yang ga pake antibiotik.
Tanggal 29 oktober pun saya pake sebelum tidur setelah membersihkan wajah dengan sabun. Pakenya tipis-tipis karena ada di keterangannya kalo pemakaian berlebihan ga akan meningkatkan hasil. Malam itu saya belum pakein salep cinolon coz saya rasain biasa-biasa saja, ga ada perih atau bagaimana-bagaimana. Bangun paginya saya bercermin buat periksa apa ada tanda-tanda purging. Ternyata...bukannya purging, jerawat saya jadi mengering dan mukaku lebih cerahan dikit. Lega deh, tapi mungkin karena baru hari pertama kali ya, jadinya purgingnya belum muncul-muncul. Hehee...saya kok jadi ga sabaran purging ya? ._.'
Ini udah seminggu pakenya tapi purging ga datang-datang, ada sih jerawat tumbuh satu dua karena saya sedang haid tapi satu dua hari jerawatku malah kering and yang jerawat kecil malah ga ninggalin bekas. Hm....saya malah merasa aneh, ga seperti cerita-cerita di female daily atau di blog lain yang harus melewati masa purging dulu.
Tapi...mungkin karena baru minggu pertama kali ya. Oh iya, aku pernah baca di blog seorang dokter kulit kalo treti itu bagus dipaduin sama krim AHA. Hm...saya jadi mikir, dulunya saya cukup lama pake krim malam resurfasing+ bless yang kandungan AHAnya tinggi, mungkin karena itu yang membuat kulitku jadi mudah beradaptasi sama tretinoin ini. Maybe...
Oh ya, selama pemakaian treti ini diharuskan untuk menggunakan sunblok di pagi dan siang hari, kalo ga, muka bakalan gosong. Saya sih pakenya bb cream korea yang spf-nya lumayan tinggi.
Well, mudah-mudahan saya ga bakal ngalamin yang namanya purging. Ntar sebulan kemudian saya bakal balik buat review lagi, rencananya sebulan kemudian pengen naikin konsentrasi ke yang lebih tinggi. Doakan ya temanz-temanz :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar